-->

Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Nama Indonesia Sebenarnya

Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Nama Indonesia Sebenarnya - hai sahabat JC VARSITY, pada sharing artikel kali ini yang saya beri judul Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Nama Indonesia Sebenarnya, semoga artikel kali ini bisa memberikan inspirasi buat kalian semua, seperti biasa sebelum saya memberikan pembahasan yang akan kita bahas kali ini, saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk klik berbagi pada akhir postingan ini melalui facebook, Google+, twitter dan whatsapp atau bisa salin url postingan ini, semoga kalian selalu sehat ya, oke langsung saja ke pembahasan.

lihat juga


Sebagai warga negara yang baik tentu kamu harus mengetahui sejarah dari negaramu sendiri, apakah kamu tau dari mana nama bangsa Indonesia pertama kali di kenal?
disini kita akan mengetahuinya.




Sejarah Nama Indonesia

Asal-usul nama Indonesia yang kita tinggali dan kita banggakan selama ini mulai di kenal sekitar tahun 1800an. Menurut sejarawan dari Universitas Oxford, Peter Carey, nama indonesia mulai muncul dan di perkenalkan oleh James Richardson Logan (1819-1869) pada tahun 1850 dalam sebuah Journal of Indian Archipelago and Eastern Asia
Logan adalah orang Skotlandia yang menjadi editor untuk majalah penang gazette, di wilayah strategis settlement, yang sekarang menjadi negara bagian penang malaysia, yang tinggal di sana antara tahun 1842-1847.
Nama yang di perkenalkan ya adalah Indonesia untuk menyebutkan kepulauan hindia yang pada saat itu merupakan jajahan dari belanda, sehingga di sebut sebagai hindia-belanda.
Bangsa Eropa sendiri mengenal dua wilayah hindia, yaitu hindia barat dan hindia timur. Hindia Barat merupakan wilayah kepulauan karibia yang kita kenal penemu dari kepulauan ini adalah Christopher Columbus yang pada awalnya di yakini sebagai wilayah hindia pusatnya rempah-rempah yang banyak di cari oleh bangsa eropa.
Setelah vasco de gama dan magellan melakukan ekspedisi, lali di temukanlah wilayah baru, yaitu wilayah hindia timur, wilayah hindia timur ini adalah wilayah nusantara yang merupakan pusatnya penghasil rempah-rempah yang selama berabad-abad di caro oleh bangsa eropa.
Wilayah nusantara ini merupakan persimpangan dari peradaban dan pengaruh budaya india dan tiongkok sehingga seorang ilmuwan dari perancis, Dennis Lombard, menyebutnya carefour de civilization atau persilangan budaya.
Selain Peter Carey, salah satu sejarawan yayasan Nation Building (Nabil) Didi Kartanada juga menambahkan tentang informasi mengenai seorang priayi Inggris, Earl Gorge Samuel Windsor (1813-1865), dalam sebuah karya ilmiahnya yang berjudulOn The Leading Characteristics of The Papuan Australian and Malay-Polynesian Nation (1850), mengusulkan sebutan khusus untuk warga kepulauan melayu atau kepulauan melayu atau kepulauan hindia dengan dua nama yang saat itu di usulkan yakni Indonesia dan Malayunesia.
Adapun tokoh lainya yang di sebut oleh peter carey dan Didi Kartanada adalah ilmuwan jerman, Adolf Bastian (1826-1905), Guru besar Etnologi di Universitas Berlin yang juag mempopulerkan nama Indonesia di kalangan sarjana Belanda.
Dalam bukunya yang berjudul Indonesien Oder Die Inseln Des Malayischen Archipal yang di terbitkan tahun 1884 sebanyak lima jilid ini, Bastian juga mempopulerkan nama indonesia. Buku tersebut merupakan muatan hasil dari penelitianya  di kepulauan Nusantara dalam waktu antara 1864-1880. Menurut Carey, Bastian membagi Wilayah Nusantara ke dalam dua zona, yaitu Etnis dan Antropologi.
Nah sekarang kalian tahu kan asal muasal dan sejarah nama Indonesia yang kita banggakan ini. 

lihat juga




Demikianlah Artikel Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Nama Indonesia Sebenarnya

itu lah tadi pembahasan tentang Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Nama Indonesia Sebenarnya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua ya. sebelum menutup halaman ini saya sarankan untuk melihat artikel lainya yang mngkin menarik untuk anda. dan jangan lupa untuk klik berbagi.

0 Response to "Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Nama Indonesia Sebenarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel